✍🏽RINGKASAN MATERI
Jauhi Sifat Jelek, Hidup Jadi Berkah! ✨
Hai, teman-teman! 👋 Di materi ini, kita bakal bahas tentang sifat-sifat yang bisa bikin hidup kita jadi nggak berkah alias kurang oke. 😔, perundungan, perkelahian dan perjudian. 😤 Kenapa sih kita harus ngehindarin ini semua? 🤔 Karena Islam pengen kita hidup bahagia, damai, dan diridai Allah Swt. 😇 Yuk, kita kupas tuntas biar kita bisa jadi pribadi yang lebih baik! 💪
Inti Materinya Nih! 🔥
🚫 Memahami apa itu perundungan, perkelahian, dan perjudian
📖 Menyimak dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Hadis yang melarangnya
🧠 Menyadari dampak negatif dari ketiga penyakit sosial tersebut
🛡️ Belajar cara mencegah dan menghindari perilaku menyimpang
💡 Meneladani kisah inspiratif orang yang bangkit dari perundungan
✨ Kenapa Materi Ini Penting Banget Buat Kamu?
Serius deh, ini bukan cuma sekadar pelajaran di kelas. Materi ini penting karena:
✅ Kita hidup di tengah masyarakat — dan penyakit sosial bisa menyerang siapa saja, kapan saja
✅ Pelajar zaman sekarang rentan tergoda dengan tawuran, bully, bahkan judi online 😖
✅ Kalau nggak dibekali ilmu & iman, kita bisa ikut-ikutan tanpa sadar
✅ Mencegah itu lebih baik daripada memperbaiki
✅ Dengan memahami materi ini, kamu bisa jadi agen perubahan di sekolah dan lingkungan kamu!
💡STRATEGI BELAJAR
👉Pertemuan 1
Menjawab Pertanyaan Pemantik
Mari kita mulai dari diri sendiri dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.
Pernah gak kamu melihat teman dibully (offline/online)? Apa yang kamu rasakan?
Kalau ada konflik kecil di kelas, biasanya kamu berusaha mendamaikan atau malah ikut panas?
Iklan judi online sering muncul. Kalau kamu ditawari “cara cepat kaya”, apa responmu?
Kenapa sih Ini Penting?
Karena sebelum mengubah kebiasaan, kita harus sadar dulu bahwa penyakit sosial itu ada di sekitar kita, bahkan mungkin di diri kita.
Detektif Sosial Media
Kini kalian sampai pada bagian ke dua dalam strategi belajar ini, yakni Observasi. Pada bagian ini guru akan membagi kelas menjadi maksimal 6 kelompok, tujuannya adalah membangun kesiapan dalam bekerjasama dengan orang lain. Yuk, kita mulai membentuk kelompok dengan didampingi guru pengajar. Silakan duduk bersama dengan kelompok kalian masing-masing.
Apa yang dilakukan di dalam Kelompok?
silakan duduk dan berkumpul dengan kelompok masing-masing
lakukan analisis dan tonton video berikut bersama dengan kelompok masing-masing:
Kelompok 1: TONTON VIDEO
Kelompok 2: TONTON VIDEO
Kelompok 3: TONTON VIDEO
Kelompok 4: TONTON VIDEO
Kelompok 5: TONTON VIDEO
Kelompok 6: TONTON VIDEO
jawablah pertanyaan berikut:
Identifikasi perilaku apa saja yang terlihat nampak pada video
identifikasi perilaku apa saja yang tidak nampak namun berbahaya yang terdapat pada video
bagaimana dampak yang ditimbulkan pada korban, pelaku dan masyarakat?
apa saja nilai Islam yang dilanggar pada video?
jawaban ditulis dalam bentuk peta konsep, buat peta konsep di kertas folio bergaris atau kertas HVS dengan mengikuti template seperti contoh berikut: KLIK DI SINI.
kelompok diperkenankan menambahkan hiasan lain dalam peta konsep untuk menambah nilai estetika, tanpa mengubah template yang telah dicontohkan
lakukan presentasi dalam bentuk rekam video dengan durasi minimal 2 menit (rekam presentasi boleh dilakukan di luar kelas), pastikan seluruh anggota kelompok terlibat
awali dengan salam dan perkenalan anggota kelompok, kemudian lakukan presentasi dengan menjelaskan peta konsep yang telah dibuat, dan akhiri dengan salam. Pastikan suara terdengar jelas dan peta konsep yang dibuat juga terlihat jelas pada video (boleh lakukan zoom ke peta konsep saat presentasi)
Unggah video rekaman presentasi yang telah dibuat kelompok ke grup FB Ruang Belajar PAI XI. Beri judul: DETEKTIF SOSIAL MEDIA. Sertakan caption sesuai dengan video masing-masing, tuliskan identitas seluruh anggota kelompok, kelas, asal sekolah, dan tandai guru pengajar agar karya dapat dinilai.
Kenapa sih Ini Penting?
Karena penyakit sosial bukan cerita di buku aja. Ia nyata dan dekat dengan dunia siswa. Dengan observasi, kita belajar peka dan kritis.
Yuk, Baca dan Amati
Selamat, ya, kalian telah sampai di bagian tiga strategi belajar bab 3, yakni Dalami Materi. Pada bagian ini kalian akan membaca dan memahami materi melalui teks, video, dan ilustrasi lainnya tentang gadab dan gibah. Siap mendalami materi bab 3? KLIK DI SINI
Kenapa sih ini Penting?
Dengan membaca materi, mengamati video dan gambar kemudian menuangkannya dalam bentuk catatan sederhana, akan melatih dan mempertajam pemahaman kalian tentang konsep yang sedang dipelajari. Selain itu juga dalil Qur’an dan hadis akan lebih mudah dipahami kalau kita bisa menghubungkannya dengan realitas.
👉Pertemuan 2
Kampanye Digital: Stop Penyakit Sosial
Pada bagian ini kalian akan bekerja secara berkelompok, sama dengan kelompok saat sesi OBSERVASI ya. Ini yang akan kalian lakukan:
buatlah video kampanye ajakan menghindari penyakit sosial (perundungan, perkelahian dan perjudian), dengan rincian sebagai berikut:
kelompok 1 dan 2: kampanye anti perundungan
kelompok 3 dan 4: kampanye anti perkelahian
kelompok 5 dan 6: kampanye anti perjudian
durasi video 90 detik, direkam dalam bentuk portrait. Lakukan editing pada video, sesuaikan juga sisi kemenarikan (estetika) dalam video
pastikan semua anggota kelompok terlibat di dalam video. Contoh video: klik di sini atau klik di sini. Atau contoh lain sesuai tema dapat kalian temukan di media sosial dan platform lainnya
unggah video di grup FB Ruang Belajar PAI XI, beri judul: STOP PENYAKIT SOSIAL. Sertakan caption menarik sesuai tema, tuliskan nama seluruh anggota kelompok dan tandai guru pengajar agar karya diketahui dan dinilai
Kenapa sih Ini Penting?
Karena lewat peran, kita gak cuma tahu tapi juga merasakan dampaknya. Dan ketika kita yang memerankan, nilai itu lebih nempel di hati. Selain itu juga melalui peran dan ajakan langsung, dampak dan momen "O" nya akan lebih terasa.
Challenge 3 Tanpa
Pada strategi kali ini kalian akan bekerja secara individu, sendiri-sendiri ya, tidak berkelompok juga tidak berpasangan. Selama seminggu ke depan, catatlah aktivitas kehidupan dan keseharian kalian dalam bantuk lembar kerja. Perhatikan detailnya berikut ini:
unduh lembar kerja (LK) DI SINI. Cetak (print) LK. Pastikan kamu memahami isi LK, jika ada yang belum dipahami silakan tanyakan pada guru pengajar saat pertemuan ini
lengkapi isian lembar kerja tersebut. Mengisi lembar kerja dimulai hari ini (saat pembelajaran pada strategi ini berlangsung) sampai seminggu ke depan
kumpulkan lembar kerja kepada guru pengajar untuk dinilai pada pertemuan berikutnya.
Kenapa sih Ini Penting?
Karena iman butuh latihan. Kalau bisa 2 hari, bisa jadi seminggu, sebulan, setahun dan lalu jadi kebiasaan. Keren, kan?
Resolusi Diri
Pada tahap ini, kalian akan melakukan refleksi pembelajaran terhadap materi yang telah dipelajari. Sebagai panduan dan rambu-rambu kalian dapat menjawab pertanyaan berikut:
Apa saja pelajaran penting yang kalian dapatkan setelah mempelajari materi ini?
Apa yang akan kalian lakukan jika melihat perundungan terjadi di depan mata? Jelaskan, ya ...
Komitmen apa yang dapat kalian tulis, ucap dan praktikkan dalam kehidupan berkaitan dengan menghindari penyakit sosial?
Tulis jawaban pada buku tugas maisng-masing. Aktivitas ini dilakukan mandiri, individu dan sendiri-sendiri ya.
Kenapa sih Ini Penting?
Karena afirmasi kecil bisa jadi pengingat besar saat kita tergoda melakukan hal salah.
Pada akhirnya kalian sampai pada sesi akhir langkah pembelajaran pada materi bab 3 ini. Kalian akan menjawab pertanyaan untuk menguji pemahaman dan pengetahuan masing-masing. Oya, tes kompetensi ini sifatnya wajib diikuiti oleh peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh aktiitas belajar dengan langkah pembelajaran alur MODERAT (kecuali alur T yang saat ini sedang diakses). Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan adalah:
Tes ini juga berfungsi sebagai penilaian harian atau ulangan harian
Silakan minta token pada guru pengajar untuk mengakses soal tes kompetensi. Pastikan kalian telah menyelesaikan seluruh aktivitas belajar dan penugasan materi bab 8 pada alur M-O-D-E-R-A
Tidak membagikan token kepada orang lain yang tidak berhak karena penilaian didasarkan pada ketuntasan penugasan pada alur belajar
Siap mengikuti tes kompetensi? Silakan akses soal kalian DI SINI
MENGAPA INI PENTING UNTUK DILAKUKAN?
Selain menguji pemahaman, tes kompetensi ini penting untuk mengetahui sejauh mana keterampilan kalian dalam menulis, menjabarkan dan memaknai materi dan ragam penugasan yang telah dilakukan dalam alur belajar
"Di dalam ruang kelas dan lembar catatanmu, kamu bukan hanya menyerap ilmu. Kamu sedang memahat mahakarya paling agung: dirimu di masa depan. Setiap pemahaman baru adalah goresan indah pada patung potensimu"