✍🏽RINGKASAN MATERI
Alhamdulillah kita telah sampai di Bab 4. Pada bab ini kalian akan mempelajari materi dengan elemen Fikih yang erat kaitannya dengan syariat dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Tema besar materi kali ini adalah "Ketentuan Khutbah, Tabligh dan Dakwah". Berikut ringkasan pokok materi yang akan kalian pelajari di bab 4 ini.
🗣️ Memahami apa itu khotbah, tablig, dan dakwah
📖 Mengenali syarat, rukun, dan adab khotbah Jumat
🧠 Mengetahui cara tablig yang sopan dan efektif
💡 Belajar metode dakwah yang santun dan relevan zaman sekarang
🎙️ Membedakan persamaan dan perbedaan khotbah, tablig, dan dakwah
💪 Menjadi pelajar muslim yang siap jadi penyampai kebaikan
🔍 Oke, sekarang pertanyaannya: “Emangnya kenapa sih kita harus belajar khotbah, tablig, dan dakwah?” Berikut alasan kuatnya:
🧠 Kita hidup di era informasi — semua orang bisa ngomong, tapi belum tentu semua bisa menyampaikan kebenaran dengan hikmah
📣 Kamu punya potensi jadi penyampai kebaikan — lewat tulisan, lisan, bahkan lewat sikap
🛡️ Belajar ini bikin kamu jadi pelindung nilai-nilai Islam — bukan cuma pengikut
🤝 Melatih kepemimpinan dan komunikasi kamu — dua skill yang dibutuhkan di masa depan
🌍 Dakwah bukan cuma soal agama, tapi soal peradaban — dan kamu bisa jadi bagian dari itu 💫
💡STRATEGI BELAJAR
Menjawab Pertanyaan Pemantik
pilih 2 dari 5 pertanyaan untuk dijawab singkat (tulis/voice note/think–pair–share).
Pernahkah kamu mendengarkan khotbah/ceramah yang bikin kamu berubah sikap? Ceritakan satu kalimat yang paling nempel!
Kalau kamu diminta menyampaikan pesan penting ke teman-teman (1 menit), hal apa yang paling ingin kamu sampaikan? Kenapa?
Apakah menurutmu dakwah hanya untuk pekerjaan “khatib/dai”, atau bisa dilakukan oleh siswa? Berikan contoh nyata di sekolah.
Bagaimana rasanya bila seseorang berdakwah dengan nada menghakimi? Apa efeknya?
Kalau kamu jadi khatib, adakah topik yang sulit kamu bawakan? Mengapa?
Kenapa sih ini Penting?
Muhasabah bikin kita mulai dari pengalaman sendiri — bukan teori. Ini menyulut motivasi personal untuk memahami khotbah/tablig/dakwah. ✨
Media Scan: Khotbah & Dakwah di Sekitarku
Secara berpasangan, tonton dan identifikasi video berikut:
sebagai bahan identifikasi, jawablah pertanyaan berikut:
bagaimana gaya bahasa ceramah/dakwah pada video yang kamu tonton? lucu, tegas, serius atau apa? jelaskan disertai argumen kuat hasil analisis
carilah video pembanding, kemudian tuliskan perbandingan yang kamu temukan dari video pertama dengan video yang kamu gunakan sebagai pembanding
pelajaran apa yang dapat kamu petik setelah menonton video tersebut?
tuliskan tiga poin penting dan berharga bagi kehidupanmu dari video tersebut
bagaimana caramu mempraktikkan pelajaran yang didapat dari video dalam kehidupanmu sehari-hari?
tulis jawaban pada kertas gambar atau kertas HVS atau sejenisnya dalam bentuk peta pikir (peta konsep/mind map). Sertakan identitas kalian (nama lengkap, kelas, sekolah asal). Tambahkan hiasan dan ornamen lain agar karya terlihat menarik dan menginspirasi
foto hasil kerja kalian dan unggah di grup FB Ruang Belajar PAI Kelas XI, beri judul MEDIA SCAN DAKWAH. Sertakan satu caption kalimat menarik terkait dengan materi yang ada dalam video yang ditonton sebagai pesan kebaikan kepada netizen. Jangan lupa menuliskan identitas kalian (nama lengkap, kelas, sekolah asal). Tandai akun guru pengajar agar karya dapat dinilai
setelah diunggah kemudian kumpulkan hasil kerja dalam bentuk fisik (kertas yang berisi jawaban pertanyaan) kepada guru pengajar.
Kenapa sih ini Penting?
Observasi nyata membuat kita belajar membedakan khotbah/tablig/dakwah yang efektif vs yang mengecewakan — kemampuan krusial bagi calon komunikator. 🔎📲
Yuk, Baca dan Amati.
Selamat, ya, kalian telah sampai di bagian tiga strategi belajar bab 4, yakni Dalami Materi. Pada bagian ini kalian akan membaca dan memahami materi melalui teks, video, dan ilustrasi lainnya. Siap mendalami materi bab 4? KLIK DI SINI
Kenapa sih Ini Penting?
Dalil + aplikasi langsung memastikan siswa bukan hanya hafal istilah, tapi paham bagaimana menerapkannya (siapa berbicara, bagaimana, kapan, dan kepada siapa). 📚🔁
Praktik Kreatif: Tabligh Challenge
Kini saatnya mengkontekstualkan konsep yang telah dipelajari ke dalam kehidupan nyata. Kali ini kalian akan bekerja mandiri (individu) dengan melakukan hal berikut:
buatlah video pendek berkesan, terkait dakwah (ajakan) tentang tema berikut (pilih salah satu tema):
anti-perundungan
etika digital gen-z
tanggung jawab diri dan sosial
menjadi remaja beradab dan berakhlak
video dibuat dengan bentuk portrait, durasi minimal 60 detik dan maksimal 90 detik (isi), tanpa intro, tanpa perkenalan. Cukup awali dengan salam kemudian sampaikan pesan dakwah (ajakan) sesuai tema yang dipilih
tuliskan nama lengkap, kelas dan sekolah asal pada caption di bagian bawah tengah video. sertakan tulisan: @ruangbelajarpai sebagai watermark video di bagian atas tengah dengan model transparant. Edit menggunakan aplikasi editing video yang kalian kuasai
Unggah video yang telah dibuat ke grup FB Ruang Belajar PAI Kelas XI, beri judul sesuai dengan tema yang dipilih, jangan lupa menuliskan nama lengkap, kelas dan asal sekolah ya, tandai guru pengajar kalian agar karya dapat dinilai.
Kenapa sih Ini Penting?
Elaborasi pakai produk nyata (audio/video/post) bikin siswa “memaksa” berpikir bagaimana menyampaikan pesan yang efektif — latihan komunikasi yang langsung dapat diuji di dunia nyata. 🎬🗣️
Diskusi Berpasangan
Pada strategi sebelumnya kalian telah membuat video dakwah (ajakan) singkat tentang ragam kebaikan sesuai dengan tema yang dipilih. Video tersebut telah diunggah ke kelas virtual Ruang Belajar PAI Kelas XI. Nah, kini saatnya kalian menyampaikan langsung ajakan tersebut kepada rekan sejawat melalui strategi RUANG AKTUALISASI. Berikut yang akan kalian lakukan:
tentukan pasangan kalian masing-masing kemudian duduk dan berkumpullah dengan pasangan masing-masing
sampaikan isi dakwah (ajakan) dalam video yang telah dibuat secara langsung kepada pasangan masing-masing, lakukan secara bergantian
tunjukkan video tersebut dan mintalah pendapat dan umpan balik dari pasangan masing-masing. mintalah pasangan kalian untuk menuliskan umpan balik pada video kalian di kolom komentar postingan FB Ruang Belajar PAI Kelas XI, dan begitu pula sebaliknya, lakukan secara bergantian. Jangan lupa menuliskan nama lengkap, kelas dan sekolah asal
tuliskan satu kesimpulan pada kolom komentar postingan pasangan masing-masing sebagai penanda bahwa kalian telah menonton video, menyimak dakwah dan memahami isi dakwah yang telah disampaikan
Tag (tandai) akun guru pengajar agar karya kalian dapat dinilai
Kenapa sih Ini Penting?
Karena dakwah & khotbah terbaik diuji di lapangan — bukan hanya di kelas. Ini latihan integritas dan keberanian bertanggung jawab. 🧭📤.
Pelajaran Apa yang Didapat?
Pada tahap ini, kalian akan melakukan refleksi pembelajaran secara mandiri (individu) terhadap materi yang telah dipelajari. Sebagai panduan dan rambu-rambu kalian dapat menjawab pertanyaan berikut:
bagaimana cara kalian menerapkan nilai-nilai dalam materi ini untuk praktik kehidupan sehari-hari?
hal baru apa yang akan kalian lakukan di masa depan setelah mempelajari materi ini?
tuliskan 5 nilai penting sebagai pelajaran kehidupan dan bekal masa depan setelah kalian mempelajari materi ini
bagaimana materi ini dapat mengubah hidup kalian hari ini menjadi lebih baik di masa yang akan datang?
Tuliskan jawaban kalian di buku tugas masing-masing. Guru pengajar akan melakukan uji petik terhadap jawaban kalian.
Kenapa sih Ini Penting?
Melalui aktivitas refleksi dan afirmasi positif, akan menumbuhkan semangat belajar baru, mengingat pengetahuan baru yang dipelajari dan mempraktikkannya di dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Dengan beraktivitas, daya ingat akan materi yang telah dipelajari menjadi lebih kuat.
Pada akhirnya kalian sampai pada sesi akhir langkah pembelajaran pada materi bab 4 ini. Kalian akan menjawab pertanyaan untuk menguji pemahaman dan pengetahuan masing-masing. Oya, tes kompetensi ini sifatnya wajib diikuiti oleh peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh aktiitas belajar dengan langkah pembelajaran alur MODERAT (kecuali alur T yang saat ini sedang diakses). Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan adalah:
Tes ini juga berfungsi sebagai penilaian harian atau ulangan harian
Silakan minta token pada guru pengajar untuk mengakses soal tes kompetensi. Pastikan kalian telah menyelesaikan seluruh aktivitas belajar dan penugasan materi bab 8 pada alur M-O-D-E-R-A
Tidak membagikan token kepada orang lain yang tidak berhak karena penilaian didasarkan pada ketuntasan penugasan pada alur belajar
Siap mengikuti tes kompetensi? Silakan akses soal kalian DI SINI
MENGAPA INI PENTING UNTUK DILAKUKAN?
Selain menguji pemahaman, tes kompetensi ini penting untuk mengetahui sejauh mana keterampilan kalian dalam menulis, menjabarkan dan memaknai materi dan ragam penugasan yang telah dilakukan dalam alur belajar
"Jangan gentar pada kerumitan materi. Anggaplah ia sebagai kabut tebal yang menyelimuti puncak gunung. Semangatmu adalah matahari pagi yang akan menyingkap keindahan pemahaman di baliknya."